SEMINAR INTERNAL “MENGATUR KEUANGAN PRIBADI SELAYAKNYA SEORANG FINANCIAL PLANNER”

Category:

          Sebagai seorang mahasiswa/i, mengatur keuangan setiap bulan adalah aktivitas yang selalu dihadapi dan seringkali mahasiswa/i hanya berpikir bagaimana cara agar uang mereka bisa bertahan sampai akhir bulan, namun tidak melakukan proses planning keuangan yang maksimal. Accounting Students Association (ASA) S1 Prasetiya Mulya melihat isu tersebut dan ingin memberikan solusi bagi mereka yang membutuhkan insight mengenai cara mengatur keuangan melalui acara seminar pertama yang bertema “Mengatur Keuangan Pribadi Selayaknya Seorang Financial Planner” pada tanggal 14 April 2015 di Auditorium S1 Prasetiya Mulya. Seminar ini dibawakan oleh Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GCertFP, CFP, QWP yang merupakan pendiri & kepala perencana di ZAP Finance dan juga seorang Financial Trainer.

          Acara ini dilaksanakan sedikit berbeda dari seminar pada umumnya dimana kegiatan ini diawali dengan panitia acara yang memberikan secarik kertas berisikan study case sebelum seminar dimulai kepada partisipan. Pada study case tersebut, partisipan diibaratkan diberikan uang dengan jumlah tertentu pada setiap bulan, dan diminta untuk menuliskan alokasi biaya untuk kategori-kategori tertentu (misalnya untuk biaya harian, keperluan pribadi, belanja, hiburan, tabungan dan investasi). Di akhir acara, pembicara akan memberitahukan presentase yang ideal untuk alokasi uang pada setiap kategori tersebut dan partisipan yang jawabannya paling mendekati akan diberikan hadiah pada akhir acara.

          Menurut Ketua Pelaksana Seminar, Alvin Adisuryo (mahasiswa jurusan Accounting angkatan 2012), “Simulasi ini dilakukan agar partisipan mendapatkan gambaran dan bisa langsung mempraktekkan bagaimana cara mengatur keuangan setiap bulannya”. Kegiatan seminar dilanjutkan dengan sesi sharing dari narasumber. Beliau sangat bersemangat dalam memberikan wawasan kepada partisipan seminar dan partisipan (berjumlah kurang lebih 100-150 orang) juga sangat antusias bertanya kepada narasumber untuk mempelajari cara melakukan financial planning yang baik. Acara kemudian diakhiri dengan pemberian apresiasi kepada pembicara.