Accounting Internal Competition 2020

Semester gasal sudah dijalani oleh mahasiswa akuntansi tingkat satu sampai tiga, dan seperti biasanya program studi akuntansi menyelenggarakan kompetisi Accounting Internal Competition atau yang lebih dikenal dengan AIC sebagai tanda untuk mengapresiasi mahasiswa akuntansi pada tanggal 15 Januari 2020. AIC 2020 ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori Cost Accounting yang diikuti oleh mahasiswa tingkat dua, dan kategori Financial Statement Analysis untuk mahasiswa tingkat tiga.

Kategori Cost Accounting diselenggarakan terlebih dahulu, harap cemas dialami oleh semua kelompok mahasiswa tingkat dua ketika pengumuman empat kelompok yang masuk ke babak final. Setelah pengumuman kelompok, acara dilanjutkan dengan presentasi dari keempat kelompok. Presentasi pertama dimulai oleh kelompok dengan produk Galvanizing, dilanjutkan dengan kelompok kedua dengan produk kompor gas dan raket nyamuk, kelompok ketiga yaitu biskuit kelapa dan krim lemon, dan kelompok terakhir dengan produk Lampu Faws.

 

Setelah semua kelompok maju presentasi, acara diisi dengan penampilan duet dari dua mahasiswa akuntansi yaitu Claudia Sugiarto dan juga Karin Latif. Saat yang paling ditunggu-tunggu pun tiba yaitu pengumuman pemenang. Juara empat diraih oleh kelompok Galvanizing, juara ketiga oleh kelompok Lampu Faws, juara kedua diraih kelompok biskuit kelapa dan krim lemon, dan juara pertama diraih oleh kelompok kompor gas dan raket nyamuk. Penyerahan hadiah dilakukan oleh para juri yaitu Ibu Nani Chandra Marsetio, Bapak Daniel Wong, dan Bapak Bernard Iskandar. 

Setelah satu jam beristirahat, AIC 2020 dilanjutkan dengan kategori Financial Statement Analysis. Kategori ini dimulai dengan presentasi dari empat kelompok yang telah terpilih. Kelompok terpilih ini terdiri dari dua kelompok dari masing-masing kelas mahasiswa accounting tahun ketiga. Kelompok 4 INDF dan kelompok 2 SMAR dari kelas Accounting 5A, dilanjutkan dengan kelompok 1 TKIM, dan kelompok 2 ADHI dari kelas Accounting 5B. Sesi pertanyaan kemudia dimulai sesaat setelah masing-masing kelompok melakukan presentasi. Dewan juri yang terdiri dari dua faculty member dari Universitas Prasetiya Mulya yaitu Ibu Vania Pradipta Gunawan dan Ibu Glisera Agri Ariyan.

Tidak hanya dari pihak internal saja, AIC 2020 ini juga mendatangkan Ibu Mely Sympony sebagai juri eksternal. Sesi pertanyaan yang sengit dan mendetail telah dilalui oleh para peserta, pengumuman juara oleh MC pun datang. Juara empat diraih oleh kelompok 2 SMAR, juara tiga oleh kelompok 4 INDF, juara dua 2 ADHI, dan juara pertama diraih oleh kelompok 1 TKIM. Selamat kepada para juara, dan perlu diingat bagi semua peserta yang tidak lolos ke babak final kalian adalah pemenang. Sampai jumpa di Accounting Internal Competition 2021!