ASA FESTIVAL 2020

ASA FESTIVAL 2020

Pandemi COVID-19 yang sedang terjadi tidak menjadi penghalang bagi kompetisi dan acara untuk dapat terlaksana, salah satunya adalah ASA Festival 2020 yang diselenggarakan oleh Accounting Student Association (ASA) Universitas Prasetiya Mulya. ASA Festival sendiri adalah acara gabungan dari APMAC dan PMAF yang pada tahun-tahun sebelumnya selalu diadakan secara terpisah. Seiring dengan perkembangan teknologi, fitur aplikasi seperti Google Meets dan Youtube dimanfaatkan sebagai platform penyelenggaraan ASA Festival secara ONLINE dengan tema “Facing New Revolution, One Step Forward”. 

ASA FESTIVAL DAY 1 – APMAC

Acara dimulai pada tanggal 10 September 2020 diawali dengan perlombaan Annual Prasetiya Mulya Accounting Challenge (APMAC) bagi siswa SMA yang diikuti oleh 55 tim dari 31 SMA di seluruh Indonesia. Kegiatan dibuka dengan babak pertama yaitu Main Round berkaitan dengan Theoritical Thinking dimana peserta ditantang untuk mengerjakan soal secara teoritis, dilanjutkan babak kedua yaitu Betting Game yang mengharuskan peserta berpikir cepat. Setelah babak pertama, terdapat 43 tim tereliminasi dan menyisakan 12 tim yang harus menghadapi babak kedua yaitu semifinal yang terdiri dari Escape Room dan cerdas cermat. Sampai pada akhir acara diumumkan 4 tim finalis yaitu SMKUS2 dari SMK Unggul Sakti, SMKUS3 dari SMK Unggul Sakti, Maringene Menang dari SMA Kristen Petra 1, dan Tim Aksen 1 dari SMAK 7 Penabur Jakarta  akan melanjutkan ke babak Final pada hari Sabtu, tanggal 12 September nanti.

ASA FESTIVAL DAY 2 – PMAF

ASA Festival 2020 hari kedua dilanjutkan dengan Prasetiya Mulya Accounting Festival (PMAF). PMAF atau Prasetiya Mulya Accounting Festival diadakan pada hari Jumat, 11 September 2020 ini diikuti oleh 41 tim dari 14 universitas di seluruh Indonesia. Babak dalam PMAF tidak berbeda jauh dari APMAC, hanya saja pada sesi semifinal tidak terdapat babak cerdas cermat. Pada akhir acara, keempat tim yang berhasil lolos ke babak final adalah TSM 1 dari Trisakti School of Management, Hanabi dari Universitas Indonesia, YAS dari Universitas Airlangga, dan Intangible Asset dari Universitas Parahyangan Bandung. Keempat tim akan memperebutkan juara pertama pada hari Sabtu, 12 September 2020.

ASA FESTIVAL DAY 3 – FINAL DAY

Pada hari ketiga, Final Day untuk APMAC dan PMAF akhirnya diadakan secara bersamaan. Keempat finalis dari masing-masing perlombaan akan berkompetisi untuk memperebutkan gelar juara pertama. Kegiatan pada hari ketiga dibuka dengan pemberian case study terhadap para finalis pada pagi hari. Para finalis diberikan waktu sekitar 2 jam untuk menyiapkan presentasi, yang akan dinilai oleh para juri di babak final yang ditayangkan secara Live Streaming di channel Youtube ASA Festival. Sesi Final Presentation berlangsung dengan sangat sengit dengan tanya jawab yang diberikan oleh para juri. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sharing session yang dibawakan oleh Michelle Priscilla Amanda (Alumni S1 Accounting Prasmul angkatan 2015) dan undian secara live untuk menentukan pemenang giveaway 1 membership gratis dari Institute of Internal Audit Indonesia (IIA). Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang perlombaan APMAC yaitu tim Maringene Menang dari SMA Kristen Petra 1 Surabaya dan pemenang PMAF yaitu tim Intangible Asset dari Universitas Parahyangan Bandung.

Meskipun acara diadakan secara online untuk pertama kalinya, ASA Festival 2020 tetap dapat berjalan dengan lancar hingga akhir. Para peserta juga tetap menunjukkan semangat dan antusiasme dalam mengikuti seluruh rangkaian acara ASA Festival 2020. Dengan berakhirnya acara ASA Festival 2020, kami segenap panitia mengucapkan banyak terima kasih bagi para peserta dan seluruh pihak yang mendukung sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik.

 

It doesn’t matter if you win or lose, because you are already a winner. See you at ASA Festival 2021!