[Press Release] ASA League 2020

ASA LEAGUE 2020

ASA League merupakan ajang kompetisi olahraga yang berada di bawah naungan organisasi Accounting Student Association (ASA). Sehubungan dengan adanya wabah pandemi COVID-19 yang mengharuskan seluruh mahasiswa/i Universitas Prasetiya Mulya untuk berkegiatan dari rumah, ASA League 2020 memutuskan untuk mengubah rangkaian acara dari lomba olahraga menjadi lomba E-sports. Kompetisi ini merupakan industri yang sedang naik daun dengan pace yang cukup cepat dan bernilai sekitar 138 miliar USD. Maka dari itu, keputusan dari ASA League tahun ini merupakan keputusan yang cukup relevan. Selain itu, kompetisi E-sports juga memungkinkan bagi para pesertanya untuk tetap di rumah saja dan menjaga diri agar tetap sehat. ASA League 2020 mengangkat tema, “Ardor: Live in Endeavours, Play in Ours.” Tema tersebut ditujukan untuk mendorong semangat dan passion setiap peserta walaupun di tengah pandemi
yang sedang berlangsung.

Tahun ini, ASA League diadakan dari tanggal 17-19 Juli 2020 dan terdiri dari 3 cabang E-sports, yaitu: Players Unknown Battle Ground Mobile (PUBGM), Counter Strike: Global Offensive (CS:GO), dan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Hari pertama perlombaan ASA League 2020 dimulai dengan kompetisi PUBG Mobile yang terdiri dari 4 kali permainan, dua kali dalam map Erangel dan dua kali dalam map Miramar. Secara bersamaan, berlangsung kompetisi untuk CS:GO. Pada hari kedua, ASA League 2020 memulai kompetisi dengan tim yang memperebutkan kursi masing-masing di babak quarter final untuk CS:GO dan 2 permainan PUBG Mobile yang berlangsung pada dua maps, yaitu Erangel dan Miramar. Hari kedua dari ASA League 2020 ini ditutup dengan cabang olahraga Mobile Legends dengan sistem eliminasi yang akhirnya menentukan 8 tim yang lolos (Big Eight).

 CS:GO Competition

PUBG Competition

Mobile Legends Compe.

Antusiasme peserta terasa semakin kuat menjelang babak akhir dari ASA League 2020 yang merupakan hari penentuan siapa yang cukup pantas untuk digelari juara pertama dari masing-masing permainan. PUBG Mobile memulai hari pada map Erangel, hingga babak final yang membuahkan tim terbaik, IGNSYOUNGBOYS, sebagai pemenang cabang ini. Mobile Legends juga memulai permainan dengan memperebutkan posisi quarter final, semi-final, bronze match, dan berakhir dengan final match yang menjadikan Puangbos Esports (PBE) sebagai pemenang dari kompetisi Mobile Legends. Begitupun dengan CS:GO, dimulai dengan memperebutkan posisi semi-final, bronze match, dan final match yang menjadikan tim MEETYOURMAKER1 sebagai juara pertama dari kompetisi CS:GO. Antusiasme dalam ASA League 2020 tidak hanya dapat dirasakan dari para peserta, melainkan juga berasal dari penonton yang dapat menyaksikan langsung setiap kompetisi melalui live streaming, baik dari official Youtube channel ASA League 2020 maupun Nimo TV. Sebagai tambahan, penonton di ASA League 2020 sendiri mencapai hingga 1.176 viewers. Kami berharap antusiasme dan semangat berkompetisi ASA League 2020 akan tetap selalu membara hingga acara ASA League selanjutnya diadakan.

See you on ASA League 2021!